RSS

Arti Kata HOSANNA


Kita Sudah sering mendengar mengenai kata “Hosanna”, bahkan ketika memuji Tuhan kita juga sering mengatakan Hosana bagi Tuhan, apakah Hosana itu.

Hosana yang sering kita baca di Alkitab dapat kita jumpai di Mat 21:9 Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!”

dalam bahasa inggrisnya terjemahan King James And the multitudes that went before, and that followed, cried, saying, Hosanna to the Son of David: Blessed is he that cometh in the name of the Lord; Hosanna in the highest.

Mari Studi kata sedikit “Hosanna” berasal dari kata ibrani ‘HOSYI’AH NA‘ terdiri dari 2 kata YASHA yang artinya “menyelamatkan” , NA yang artinya Permohonan atau doa

Secara ringkas Hosana kalau diterjemahkan dalam bahasa inggris I pray to be save now

Yang dalam bahasa indonesia secara harafiah “aku berdoa selamatkanlah aku sekarang”.

Arti harafiah “aku berdoa selamatkanlah aku sekarang” sama dengan Mazmur 118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! (HOSYI’AH NA’) Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!.  Yohanes 12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!”

di kitab Yohanes 12 kata Hosana terkait dengan Hari Raya Pondok Daun karena dalam Yoh.12 ayat 13 “mereka mengambil daun daun Palem”

Dari penejelasan di atas bisa kita menarik kesimpulan Mengenai arti Hosanna.

Pertama, Permohonan Doa. Seperti dalam Maz. 118:25 Ya Tuhan BERILAH……Kata berillah menunjukkan sebuah permintaan yang dalam kepada Tuhan.

Kedua, Pujian atau sanjungan . seperti dalam Matius 21:9……….mengikuti Yesus dari belakang dan berseru (berseru dalam terjemahan kjv menjerit, berteriak,berseru dengan nyaring hingga suara menjadi parau)

Kalau Menyorot Matius 21:9 pengertian HOSYI’AH NA’ itu merupakan suatu istilah dalam doa/ permohonan. Yang kemudian kata ini dalam Matius 21:9 menjadi suatu istilah yang menyatakan sukacita dan pujian kepada TUHAN, dan karena itulah ketika Tuhan Yesus Kristus memasuki kota Yerusalem, Ia dielu-elukan dengan kata “HOSANA!” Dengan demikian, cukup beralasan menerima bahwa melambai-lambaikan dahan palem dan meneriakkan “HOSANA!” untuk mengucapkan selamat datang bagi Tuhan Yesus Kristus, Respon spontan menunjukkan rasa hormat yang besar kepada Allah Hosana bagi Anak Daud,

Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!”

 

3 responses to “Arti Kata HOSANNA

  1. forum.abs2491.de

    9 Mei 2013 at 5:03 pm

    Hello my friend! I want to say that this post is amazing, nice written and include almost all significant infos.

    I’d like to peer more posts like this . A good way to forum.abs2491.de is usually to have got superstars bring in a new publish for you.
    A great way to buy real twitter followers would be to have stars recruit the write-up to suit your needs.
    reliable firm i want to buy followers on twitter low-priced in addition to easy.

     
  2. ardin

    14 Mei 2016 at 12:24 am

    kalo buat nama hosanna didepan nama kita slah gak?

     

Tinggalkan komentar