RSS

10 Kutipan Paling Inspiratif Dari Steve Jobs

22 Sep

Steve Jobs adalah seorang sosok visionaris dunia yang tidak hanya terkenal karena komitmennya di Apple, namun juga kemampuannya menginspirasi banyak orang dengan kata-kata bijaknya. Berikut ini adalah 10 kutipan paling inspiratif dari Steve Jobs.

Sekilas Mengenai Steve Jobs

Bagi Anda yang kurang mengenal nama Steve Jobs, secara sekilas Steven Paul “Steve” Jobsadalah seorang entrepreneur, inventor, co-founder, chairman, dan CEO dari perusahaan dunia Apple yang mengeluarkan produk-produk seperti iPhone, iPad, Mac, dan seterusnya. Semua produk ternama itu adalah hasil inovatif dari visionaris ini, tidak lain dan tidak bukan adalah Steve Jobs. Sayangnya, pada 5 Oktober 2011, dunia ini harus mengheningkan cipta karena meninggalnya Sang Visionaris Steve Jobs diakibatkan oleh Tumor Pankreas yang telah dideritanya sejak tahun 2003.

Sebagai catatan, Steve Jobs juga adalah co-founder dari Pixar, yakni sebuah studio film animasi ternama dunia yang telah menghasilkan berbagai film ternama seperti Toy Story, Cars, Brave, Finding Nemo, dan banyak lainya. Ia juga adalah founder tunggal dari NeXT. Inc, perusahaan komputer Amerika yang didirikan saat ia dipecat dari Apple.

1. Kualitas Lebih Penting Daripada Kuantitas

“Kualitas itu lebih penting daripada kuantitas. Satu home run jauh lebih baik daripada dua doubles.”

Walaupun Anda bukanlah seseorang yang menggemari olahraga baseball, namun kutipan mengenai “kualitas lebih penting daripada kuantitas,” adalah 1 hal yang tidak dapat dipungkiri.

Melalui permisalan dalam istilah baseball, Steve Jobs menekankan bahwa 1 home run lebih baik daripada 2 doubles. Di baseball, doubles adalah sebuah kejadian dimana seorang pemain dapat berlari mencapai 2 base dalam satu pukulan. Walaupun jika dibayangkan, home run dan 2 double adalah hal yang sama namun kualitas yang diberikan home run dan double tentu berbeda kepada para penggemar baseball.

2. Kematian adalah Penemuan Terbaik Kehidupan

“Tidak ada satu orangpun yang ingin meninggal. Bahkan mereka yang ingin masuk Surga juga tidak ingin meninggal untuk dapat masuk ke sana. Namun kematian adalah tujuan yang kita miliki bersama. Tidak ada satu orangpun yang berhasil kabur dari hal itu. Memang seperti itu harusnya, karena kematian adalah penemuan terbaik dari Kehidupan.

Kematian adalah agen kehidupan yang memberikan kesempatan. Ia menjemput yang tua agar yang baru memiliki kesempatan selanjutnya. Akan tetapi tidak lama dari sekarang, Anda akhirnya akan menjadi tua dan juga dijemput olehnya. Walaupun hal ini cukup dramatis, namun merupakan sesuatu kebenaran.”

Di sini Steve Jobs menekankan bahwa setiap orang pada akhirnya akan dijemput oleh kematian dan itu bukanlah sesuatu yang dapat dihindari. Namun kita harus bersyukur akan hal itu karena dengan adanya kematian maka setiap orang akan memiliki kesempatan yang baru untuk melakukan pengalaman yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

3. Inovasi adalah Berkata Tidak ke Ribuan Hal

“Saya bangga akan banyak hal yang belum kami lakukan sama halnya dengan banyak hal yang sudah kami lakukan. Inovasi adalah berkata tidak ke ribuan hal.”

“Orang-orang berpikir bahwa fokus itu berarti berkata ya ke hal yang harus Anda kerjakan. Namun sebenarnya sama sekali tidak tepat. Itu berarti berkata tidak ke ratusan ide hebat lainnya. Anda harus memilihnya hati-hati.”

Melalui kutipan inspiratif ini Steve Jobs menjelaskan dengan jelas bahwa setiap inovasi selalu tercipta sebagai hasil dari pengorbanan. Baik pengorbanan dalam hal waktu, materi, ataupun tenaga. Tidak akan ada inovasi yang tercipta jika semua orang selalu menghabiskan segalanya untuk kesenangan sendiri.

4. Jangan Terpaku dalam Kesuksesan Terlalu Lama

“Saya rasa jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata menghasilkan sesuatu yang ternyata mengangumkan, maka Anda harus mencoba melakukan hal luar biasa lainnya, jangan terpaku terlalu lama. Temukan saja apa hal selanjutnya.”

Dunia telah menyaksikan berbagai penemuan inovatif tiada henti dari Apple dengan buah karya dari pemikiran Steve Jobs. Inilah yang ingin ditekankan Steve Jobs dari kata bijaknya, yakni kalaupun Anda sudah berhasil akan suatu hal, janganlah terlalu lama terdiam akan kesuksesan tersebut. Hasilkanlah lagi sesuatu yang lebih luar biasa.

5. Dipecat dari Apple adalah hal Terbaik Dari Kehidupan Saya

“Dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang pernah terjadi kepada saya. Beban besar dari kesuksesan digantikan oleh keringanan menjadi pemula lagi. Itu memperbolehkan saya memasuki salah satu periode paling kreatif dalam kehidupan saya.”

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa walaupun Steve Jobs adalah co-founder dari Apple, ia juga pernah diberhentikan secara paksa oleh para Stakeholder utama Apple. Dalam masa pemberhentiannya dari Apple, ia mendirikan NeXT. Inc. Melalui komputer NeXT inilah tercipta salah satu penemuan paling menakjubkan dunia yaitu browser web pertama oleh Tim Benners-Lee, yang juga adalah penemu dari World Wide Web (WWW) alias Internet. Sekarang ini, komputer NeXT dikenal sebagai basis dari Mac dan iOS.

Melalui kisah di atas, kita bisa melihat bahwa pemberhentiannya dari Apple benar-benar memberikan kesempatan bagi Steve Jobs untuk memasuki salah satu waktu terkreatif dalam hidupnya. Dari sini kita bisa belajar bahwa kejatuhan bukan akhir dari segalanya.

6. Yang Membedakan Pengusaha Sukses dan Yang Tidak adalah Ketekunan

“Saya percaya bahwa hampir setengah hal yang membedakan pengusaha sukses dengan mereka yang tidak hanyalah ketekunan (kegigihan).”

Dalam artikel “Inilah 10 Hal Yang Akan Terjadi Saat Anda Mengejar Mimpi Anda,” kita dapat melihat bahwa dalam mengejar mimpi rasa takut, bosan, dan ketidakyakinan akan menghampiri Anda semua. Di sini Steve Jobs menekankan bahwa melalui ketekunan maka kemungkinan keberhasilan sudah dapat kita pegang setengahnya.

7. Cintailah Pekerjaan Anda

“Jika Anda tidak mencintai sesuatu, maka Anda tidak akan mengambil upaya lebih, bekerja di hari libur, atau menantang status quo sejauh mungkin.”

Dalam hal ini, istilah status quo adalah sebuah istilah yang menunjuk akan keadaan Anda dalam sehari-hari yang berusaha berada dalam zona aman selama mungkin. Namun tidak akan ada satu orangpun yang benar-benar sukses tanpa pernah menantang zona aman mereka. Itulah sebabnya mengapa Anda sering sekali mendengar perkataan untuk dalamilah bidang kerja yang memang Anda cintai.

8. Kejarlah Kesempurnaan

“Anda telah memanggang sebuah kue yang sangat cantik, namun kemudian Anda menggunakan kotoran anjing untuk hiasannya.”

Kutipan yang cukup kasar bukan? Mungkin memang iya, tapi seperti yang telah diketahui banyak orang, Steve Jobs adalah seorang perfeksionis dan ia tidak suka akan jalur instan (shortcut) khususnya dalam desain. Dalam kutipan ini ia menekankan bahwa jika Anda sudah menciptakan sebuah dasar yang sangat kokoh dan bagus adanya, janganlah Anda merusaknya dengan desain yang jelek. Perkataan ini dikeluarkan oleh Steve Jobs kepada salah satu engineernya yang bekerja di NeXT.

9. Fokus Ke Produk, Bukan Ke Profitnya

“Jika Anda selalu fokus ke profit dan keuntungan, Anda akan mengurangi kualitas produk. Namun jika Anda fokus untuk menghasilkan produk yang luar biasa, maka profit dan keuntungan akan mengikuti.”

Dalam kehidupan sehari-hari kata bijak seperti ini sudah sangat mudah terlihat. Banyak produk berpotensi di luar sana yang gagal karena berlebihan dalam mencari keuntungan, dan juga telah banyak produk luar biasa di luar sana yang berhasil karena pada awalnya mereka tidak melihat profit yang dihasilkan produk tersebut melainkan bagaimana caranya menghasilkan produk yang luar biasa.

“Jika Saya mencoba yang terbaik dan saya gagal, yah, setidaknya saya sudah mencoba yang terbaik.”

Ini mungkin adalah salah satu kutipan inspiratif terbaik dari Steve Jobs, sederhana namun juga sangatlah mudah dimengerti. Dalam mengejar mimpi, kita sering sekali tidak menuangkan segala hal yang kita punya untuk mencoba meraih mimpi tersebut padahal jika kita mencoba yang terbaik maka walaupun kita gagal, kita akan merasa puas akan hasil kerja kita. Percayalah bahwa walaupun Anda gagal, Anda akan belajar banyak hal dari upaya Anda.

+ Tetaplah Lapar, Tetaplah Bodoh

“Stay Hungry, Stay Foolish”

Ini adalah kata kutipan penutup yang dikeluarkan oleh Steve Jobs di upacara kelulusan Universitas Stanford pada tahun 2005. Kutipan ini sebenarnya telah muncul di bagian belakang sebuah katalog Amerika yang berjudulkan Whole Earth Catalog pada edisi tahun 1974. Arti dari kutipan inspiratif ini sendiri adalah: “Jangan pernah puas, selalu dorong diri Anda, dan lakukan hal yang orang-orang katakan tidak bisa dilakukan.”

dikutip dari internet………….maav saya lupa kutip dimana …saya temukan di laptop

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 September 2015 in Renungan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: