RSS

Pusing Seolah Melihat Bintang

13 Jan

Tahukah Kamu Mengapa Saat Pusing Seolah Melihat Bintang?
Setiap orang saat sedang pusing, migrain, atau setelah bersin, kalau memejamkan mata seolah melihat cahaya berkedip-kedip seperti bintang. Mengapa hal itu terjadi?

Hal ini disebabkan oleh stimulasi bagian belakang mata, atau saraf optik, yang mengirim kilatan cahaya ke otak. Di dalam bola mata terdapat gel tebal, yang berfungsi membuat bentuk bola mata menjadi bulat. Gel ini bila bergesekan dengan retina akan merangsang dan menciptakan gambar dalam otak.

huffingtonpost.com
Ketika otak mendapat pesan dari retina, akan ditafsirkan sebagai cahaya. Jadi, ada atau tidak cahaya yang masuk ke mata, tetap diterjemahkan sebagai cahaya. Percobaan paling mudah, cobalah memejamkan mata lalu menekan kelopal mata kamu dengan tangan. Dalam gelapnya pandangan, pasti seolah melihat pendaran-pendaran cahaya seperti jutaan bintang di langit.

Pada saat seseorang bersin, hal ini akan menekan bola mata itu sendiri, atau dari stimulasi saraf yang berhubungan dengan penglihatan. Setiap seseorang bersin, bisa menyemburkan udara, air, dan mikroba ke udara hingga 100 mil per jam. Kondisi ini membuat retina bergesekan kuat dengan bola mata dan menimbulkan visi cahaya.

Demikian juga bila kita terlalu lama jongkok, atau bangun tiba-tiba saat tidur bisa menyebabkan tekanan darah drop, dan otak kekurangan oksigen. Perubahan kondisi ini mempengaruhi mata dan saraf optik.

Ada juga kondisi yang disebut floaters, yakni gangguan pada gel di bola mata. Floaters hanya terjadi karena penyakit tertentu, serta dipengaruhi oleh bertambahnya usia seseorang. Migrain serta gangguan penyakit kepala lainnya memungkinkan terjadi floaters. Akibatnya, semakin mudah mengalami visi cahaya karena penyakit yang diderita. Orang-orang yang berumur lanjut gel pada bola matanya semakin cair, ini juga jadi penyebab floaters. Tak heran, semakin tua kita akan semakin cepat mengalami masalah pada penglihatan.

Sumber:
http://scienceline.org/2008/04/ask-ashford-flashes/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2013 in Renungan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: