RSS

Negative Thinking

17 Agu

Coba perhatikan perhitungan angka-angka di bawah ini :

3+4=7, 9+2=11, 8+4=13, 6+6=12.

Apa yang anda dapatkan dari perhitungan di atas ?

Setiap kali pertanyaan tersebut diajukan lebih dari 90% peserta akan segera mengatakan 8+4 tidak sama dengan 13 tetapi seharusnya 12 !

Jawaban tersebut benar, 8+4 seharusnya 12 bukan 13, tetapi apabila diperhatikan lebih jauh sebenarnya dari 4 perhitungan diatas, hanya 1 perhitungan yang salah sedangkan 3 perhitungan yang lain benar.

Pada umumnya kita memusatkan perhatian pada hal-hal yang negatif atau yang salah daripada memusatkan pada hal-hal yang positif atau benar. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dari kita yang lebih berfokus pada kesalahan atau kekurangan daripada kelebihan atau kebaikan orang lain.

Seperti halnya pada contoh perhitungan diatas, sebagian besar orang memperhatikan perhitungan yang salah. Apabila ada 10 orang yang tidak anda kenal lewat di depan anda, pada umumnya kita melihat orang tersebut dari sisi kekurangan mereka. Gemuk, botak, pendek, pesek.

Hal tersebut diatas juga dapat anda temukan di dunia kerja atau pendidikan. Rekan kerja anda mungkin telah menyelesaikan banyak proyek yang berhasil dan sekali waktu melakukan kesalahan yang menyebabkan suatu proyek gagal atau sewaktu anda sekolah dan pernah gagal di satu mata pelajaran kemungkinan besar teman-teman anda akan lebih mudah mengingat pada proyek atau mata pelajaran anda yang gagal tersebut walaupun itu hanya terjadi sekali.

Apakah anda mendapatkan makna dari ilustrasi di atas ? Apakah anda termasuk orang yang melihat orang lain dari sisi negatif daripada sisi positif ?

Anda mempunyai pilihan untuk menilai orang lain dari sisi negatif atau sisi positif, kenapa kita tidak memilih menilai orang lain dari sisi positif daripada sisi negatif.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Agustus 2012 in Renungan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: